Berkuasa 36 Tahun, Presiden Ini Belum Ingin Mundur

Berkuasa 36 Tahun, Presiden Ini Belum Ingin Mundur
Robert Mugabe. Foto: AFP

jpnn.com - ZIMBABWE - Kursi presiden Zimbabwe yang kini diduduki oleh Robert Mugabe, menjadi incaran serius dari beberapa kandidat termasuk Grace Mugabe. Grace adalah istri Mugabe yang namanya kini melesat di tengah Partai ZANU-PF di negara tersebut.

Namun demikian ditegaskan Mugabe, bahwa dia belum ingin mundur dan masih ingin hidup hingga usia 100 tahun. 

Ini disampaikan oleh Mugabe dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Zimbabwe, ZBC TV, pada Kamis yang dikutip laman BBC. "Mengapa harus ada penerus? Saya masih di sini. Saya tidak pernah mengatakan ingin menjadi kandidat untuk pensiun."

Dalam kesempatan tersebut, Mugabe juga menampik rumor bahwa ia ingin membantu istrinya untuk menjadi penggantinya kelak. 

"Orang lain mengatakan bahwa presiden ingin memberikan mahkotanya untuk istrinya. Di mana mana kalian melihat itu, bahkan dalam kebudayaan kami, bagaimana caranya seorang istri menggantikan suaminya?" ucap Mugabe.

Mugabe kemudian menegaskan bahwa presiden seharusnya dipilih, bukan ditunjuk. Ia menjelaskan bahwa penerusnya nanti harus dipilih secara demokratis dan istrinya tak serta merta langsung dapat mendapatkan posisi tersebut.

Robert Mugabe, sudah berkuasa selama 36 tahun di negara tersebut. Namun ia menyiratkan akan tetap maju dalam pemilihan presiden dan ingin hidup hingga berusia satu abad.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News