Berkunjung ke Desa Budaya di Bali, Menko Airlangga Berharap UMKM Lokal Segera Bangkit

Berkunjung ke Desa Budaya di Bali, Menko Airlangga Berharap UMKM Lokal Segera Bangkit
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Instagram

jpnn.com, BALI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini langkah pemerintah mendorong kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal merupakan kebijakan tepat dalam mempercepat pemulihan ekonomi.

“Dalam rangka pemulihan ekonomi, Indonesia membutuhkan dunia usaha, termasuk UMKM lokal untuk segera bangkit,” kata Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerjanya di Desa Budaya Kertalangu, Bali, Sabtu (22/8).

Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, serta Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi.

Menko Airlangga yang juga menjabat Ketua Komite Penananganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan, UMKM memiliki peran besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Segmen skala usaha UMKM, lanjutnya, mempekerjakan sekitar 116,9 juta orang sehingga pada tahun 2018 mampu menyerap 97% tenaga kerja nasional.

Sedangkan, dari sisi jumlah pelaku usaha, pada tahun yang sama, UMKM berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB.

Beberapa capaian tersebut, menurut Airlangga, mencerminkan bahwa UMKM berperan besar dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, lanjutnya, diperlukan dukungan dunia usaha termasuk UMKM agar perekonomian Indonesia tidak mengalami perlambatan yang dalam serta mampu tumbuh pada triwulan III dan IV tahun 2020.

Menko Airlangga Hartarto mengatakan UMKM memiliki peran besar terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News