Berkunjung ke Pabrik Pembuat Kantong Darah Kawasumi di Thailand

Supersteril, Pengunjung Harus Kenakan Baju ala Astronot

Berkunjung ke Pabrik Pembuat Kantong Darah Kawasumi di Thailand
Pabrik pembuat kantong darah Kawasumi di Thailand.
Tak ada yang berani main-main dengan darah yang akan didonorkan kepada pasien. Steril adalah harga mati. Tak heran bila pabrik pembuat kantong darah di Kawasumi, Thailand, menerapkan aturan superketat bagi siapa saja yang berkunjung ke lokasi tersebut. Berikut laporan wartawan Jawa Pos NUR AINI ROOSILAWATI yang baru pulang dari sana.

 
======================

SEKILAS, tak ada perbedaan antara pabrik Kawasumi Laboratories Co Ltd dan pabrik lainnya di Navanakorn Industrial Promotion Zone, Thailand. Tampak luar, model bangunannya pun sama. Namun, begitu masuk ke Kawasumi, pabrik pembuat kantong darah itu, alas kaki harus dilepas. Selanjutnya, diganti dengan sandal karet.

Tak hanya itu, pengunjung tak bisa bebas keluar masuk pabrik. Sejak didirikan pada 1978, tak sembarang orang bisa berkunjung ke pabrik tersebut.

Aya Watanabe, leader area marketing group overseas sales and marketing division Kawasumi Laboratories Inc, mengungkapkan, jika tak ada kepentingan atau tidak berkaitan dengan produksi kantong darah, jarang ada yang berkunjung ke tempat tersebut.

Tak ada yang berani main-main dengan darah yang akan didonorkan kepada pasien. Steril adalah harga mati. Tak heran bila pabrik pembuat kantong darah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News