Berlangsung hingga Dini Hari, Konferensi Internasional MPR Hasilkan 4 Kesimpulan

Berlangsung hingga Dini Hari, Konferensi Internasional MPR Hasilkan 4 Kesimpulan
Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama rombongan delegasi Konferensi Internasional MPR, Majelis Suro, atau Nama Sejenis Lainnya dari negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka, Selasa (25/10) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo menyebutkan ada empat kesimpulan besar yang dihasilkan dari sidang pleno dalam Konferensi Internasional Majelis Permusyawaratan Rakyat, Majelis Syura, atau Nama Sejenis Lainnya.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam penutupan konferensi internasional itu di Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10).

"Pertama, pentingnya upaya meningkatkan kerja sama antarnegara dalam segala bidang, untuk memaksimalkan potensi-potensi kolektif, khususnya antarnegara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan terlebih dari 15 negara yang hadir pada forum ini," kata Bamsoet. 

Kedua, lanjutnya, perlunya secara kolektif untuk memperkuat posisi OKI untuk guna menguatkan posisi tawar negara-negara Islam di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian.

"Serta memberikan dukungan dan komitmen solidaritas antarbangsa, untuk mengatasi berbagai masalah yang tengah dihadapi secara bersama, ataupun secara spesifik dihadapi oleh komunitas muslim di berbagai belahan dunia," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Golkar itu juga menyebutkan pentingnya forum antarparlemen yang bersifat cair, tetapi tetap memiliki kemampuan taktis untuk mewakili kepentingan rakyat di masing-masing negara.

"Serta mendorong pemerintah di masing-masing negara untuk lebih memperkokoh kerjasama bilateral, regional, dan multilateral, di antara negara-negara anggota OKI," tutur Bamsoet.

Dia juga menjelaskan kesimpulan terakhir ialah perlu peran parlemen untuk terus mendorong upaya pengarusutamaan Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan ada empat kesimpulan besar dalam sidang pleno Konferensi Internasional MPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News