Berlari, Baik atau Buruk Untuk Lutut Anda?

Berlari, Baik atau Buruk Untuk Lutut Anda?
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com - Berlari salah satu olahraga yang bisa menyebabkan kehausan pada lutut dari waktu ke waktu, juga bisa menyebabkan nyeri sendi, arthritis bahkan cedera lainnya.

Namun, penelitian kecil baru-baru ini menemukan bahwa 30 menit berlari bisa menurunkan peradangan pada sendi lutut.

Dalam laporan yang dipublikasikan di European Journal of Applied Physiology, para peneliti di Universitas Brigham Young membawa 15 pelari sehat berusia 18-35 tahun ke laboratorium di mana mereka mengambil sampel darah dan cairan sendi lutut, sebelum dan setelah mereka berlari selama 30 menit.

Para peneliti berharap menemukan peningkatan molekul yang memacu peradangan dalam cairan lutut mereka setelah berlari. Namun mereka justru menemukan penanda pro-inflamasi malah menurun setelah 30 menit berlari.

"Ini mengejutkan. Kami berharap molekul meningkat, tapi hal sebaliknya justru terjadi," ujar peneliti Matt Seeley, seperti dilansir laman Health, Minggu (26/3).

Faktor-faktor lain seperti berat badan atau genetika juga bisa berkontribusi, apakah seseorang lebih mungkin mendapatkan arthritis atau cedera lainnya dari berlari.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami risiko dan manfaat dari olahraga yang satu ini.(fny/jpnn)

Berlari salah satu olahraga yang bisa menyebabkan kehausan pada lutut dari waktu ke waktu, juga bisa menyebabkan nyeri sendi, arthritis bahkan cedera


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News