Bermain 'Efektif' Saja, Belanda Melaju

Bermain 'Efektif' Saja, Belanda Melaju
GOL - Dirk Kuyt yang menggendong Wesley Sneijder, bersama rekannya merayakan gol kedua mereka ke gawang Slovakia. Foto: Steve Haag/Getty Images/FIFA.com.
DURBAN - Maju ke babak 16 Besar sebagai satu dari dua tim saja yang mengemas nilai sempurna 9 di penyisihan grup (satunya lagi adalah Argentina, Red), Belanda akhirnya juga memastikan diri maju ke babak perempat final. Itu terjadi setelah tim Oranje tersebut sukses menekuk Slovakia, lawannya di perempat final yang dimainkan di Stadion Moses Mabhida, Durban, Senin (28/6) malam, dengan skor 2-1.

Hanya saja, sedikit berbeda dengan Argentina yang sukses melesakkan tiga gol ke gawang lawannya, keunggulan Belanda nyaris hanya diraih dengan gol tunggal saja. Pasalnya, gol pertama yang dibuat Arjen Robben di menit ke-18 itu, tak berubah-ubah hingga turun minum, bahkan hingga beberapa menit jelang pertandingan berakhir.

Salah satu penyebabnya adalah permainan Belanda yang tidak terlalu total football - sebagaimana ciri khasnya selama ini - namun lebih cenderung efektif dan efisien. Dengan kata lain, terkesan bahkan para pemain Belanda tak banyak mengeluarkan tenaga (tak bertenaga) dalam laga ini, kendati akhirnya menang juga. Sementara 'liarnya' Slovakia sendiri seakan termatikan oleh pola permainan Belanda itu, hingga tak banyak pula mengancam gawang Belanda. Ada pun ancaman-ancaman itu, nyatanya masih bisa dimentahkan khususnya oleh kiper Maarten Stekelenburg.

Jika gol perdana dari kaki Robben muncul dari serangan balik, gol kedua Belanda yang terjadi di menit ke-84 juga kurang lebih bernuansa sama. Bedanya, kali ini berawal dari tendangan bebas dari kawasan tengah lapangan, yang dilakukan cepat sehingga tak terantisipasi oleh para pemain Slovakia. Dirk Kuyt yang menerima bola 'bersih' itu jauh di depan, setelah melewati kiper Jan Mucha yang terlanjur maju, dengan tenang menyodorkan bola ke tengah yang disambar Wesley Sneijder.

DURBAN - Maju ke babak 16 Besar sebagai satu dari dua tim saja yang mengemas nilai sempurna 9 di penyisihan grup (satunya lagi adalah Argentina,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News