Bermain Sepak Bola Ternyata Bisa Picu Penyakit Jantung

Bermain Sepak Bola Ternyata Bisa Picu Penyakit Jantung
M Hargiantoro dijaga oleh Ryuji Utomo pemain Timnas U-22 saat mengikuti seleksi tahap kedua, Karawaci, Tangerang, Selasa (28/2). Pelatih Timnas U-22 Luis Milla memanggil 26 pesepakbola dari klub yang tidak berlaga di semifinal Piala Presiden 2017 untuk mengikuti seleksi dari 28 Februari hingga 2 Maret 2017. Ilustrasi by: Wahyudin/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Mungkin Anda tidak pernah tahu bahwa bermain sepak bola ternyata cukup berbahaya bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Zeenews, sering bermain bola dapat menyebabkan perubahan struktural di jantung dan meningkatkan risiko gangguan irama jantung di kemudian hari.

Dalam sebuah studi menemukan bahwa orang yang bermain sepak bola memiliki kemungkinan 5,5 kali lebih tinggi untuk mengembangkan fibrilasi atrium, termasuk tanda-tanda impuls listrik abnormal lainnya di jantung, dibandingkan dengan yang jarang bermain bola.

Atrial fibrillation diketahui menyebabkan palpitasi jantung, pusing dan nyeri dada serta meningkatkan risiko strok, serta serangan jantung, dan gagal jantung.

Bermain Sepak Bola Ternyata Bisa Picu Penyakit Jantung

"Kami tahu bahwa aktivitas olahraga meningkatkan umur panjang dan memiliki banyak manfaat untuk sistem kardiovaskular, namun temuan kami tampaknya menunjukkan bahwa mungkin ketika Anda mencapai tujuan ekstrem yang kami lihat pada atlet elit ini, mungkin ada dampak negatif pada jantung, "ujar penulis utama Dermot Phelan.

"Pemain tidak boleh berasumsi bahwa menjalani gaya hidup sehat dalam hal olahraga teratur berarti mereka kebal dari pengembangan masalah jantung dan, faktanya mereka berisiko lebih tinggi terhadap hal-hal seperti atrial fibrillation," tambahnya.

Untuk penelitian ini, dipresentasikan dalam American Scientific's 67th Annual Scientific Session 2018 di Orlando. Tim melakukan skrining kardiovaskular terhadap 460 mantan pemain National Football League (NFL).

Mungkin Anda tidak pernah tahu bahwa bermain sepak bola ternyata cukup berbahaya bagi kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News