Bermuara ke Yang Besar Juga

Oleh Dahlan Iskan

Bermuara ke Yang Besar Juga
Dahlan Iskan.

jpnn.com - Muara persewaan sepeda ini akhirnya konglomerat juga.

Tapi lihatlah riwayat lahirnya: lima mahasiswa punya hobi yang sama: bersepeda. Mereka pun membuat klub sepeda. Di Beijing.

Mereka memang lagi kuliah di program bisnis di Beijing University. Yang sering mendapat gelar informal sebagai Harvard-nya Tiongkok.

Ketua klub sepeda itu bernama Dai Wei. Kelahiran tahun 1991. Asal: provinsi miskin Anhui.

Begitu lulus tahun 2013 Dai Wei harus ai guo: mengabdi di pedalaman. Mengajar matematika di pedesaan provinsi terpencil: Qinghai. Saya bisa membayangkan terpencilnya provinsi ini karena sudah tiga kali ke Qinghai.

Setahun di Qinghai ia ambil master di universitas yang sama. Belum lagi lulus, lima mahasiswa ini merumuskan gagasan: bisnis persewaan sepeda. Kecil-kecilan. Khusus untuk turis. Dan untuk lingkungan kampus.

Mereka pun mulai mencari dukungan dana. Sasaran pertamanya adalah: ikatan alumni program bisnis di universitas itu. Yang memang punya dana khusus: untuk mahasiwanya yang serius ingin memulai bisnis.

Dana itu cukup untuk membeli sepeda sebanyak 2.000 roda. (Di Tiongkok satuan untuk sepeda adalah ‘liang’ bukan ‘buah’).

Lima mahasiswa punya hobi yang sama: bersepeda. Mereka pun membuat klub sepeda. Kemudian mendirikan perusahaan yang kini mengetop.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News