Bernie Sanders Kumpulkan Rp 56 M dalam 4 Jam

Bernie Sanders Kumpulkan Rp 56 M dalam 4 Jam
Bernie Sanders. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Senator Bernie Sanders bakal meramaikan bursa calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS). Selasa (19/2) politikus 77 tahun tersebut resmi mencalonkan diri sebagai capres lewat Partai Demokrat. Pengumuman itu dia sebar luaskan lewat surat elektronik (surel) kepada para pendukungnya.

Tidak seperti pada 2016, kini Sanders bukan lagi underdog. Tokoh senior tersebut berpeluang menang dalam primary Demokrat. Bisa jadi dialah yang akan mewakili Demokrat dalam Pilpres 2020. Dia bakal bertarung dengan Presiden AS Donald Trump.

"Kampanye kami adalah tentang mengubah negara dan menciptakan pemerintahan berdasar prinsip keadilan ekonomi, sosial, rasial, dan lingkungan," ujar Sanders sebagaimana dikutip CNN.

Dalam primary 2016, Sanders kalah tipis oleh Hillary Clinton. Senator asal Vermont itu meraih dukungan sekitar 43 persen. Sedangkan Clinton mendapat 55 persen dukungan. Kala itu dia mengumpulkan dana kampanye USD 230 juta (sekitar Rp 3,2 triliun) dari para pendukungnya.

Dilansir Reuters, empat jam setelah kabar pencalonan dirinya mencuat Sanders langsung mendapatkan USD 4 juta (Rp 56,17 miliar) dari 150 ribu donor. Selain itu, 330 ribu orang sudah membubuhkan tanda tangan untuk mendukungnya.

Tentang misi politik, Sanders mengatakan akan tetap mengusung kampanyenya yang lawas. Tentunya dengan beberapa perubahan untuk menggaet para pemilih muda. Program andalannya adalah asuransi kesehatan universal, upah minimal USD 15 (sekitar Rp 210 ribu) per jam, dan biaya kuliah gratis di universitas negeri.

Saat ditanya apa yang bakal berbeda dari kampanyenya kali ini, Sanders hanya menjawab singkat. "Kali ini kami akan menang," ujarnya yakin. (sha/c4/hep)


Senator Bernie Sanders bakal meramaikan bursa calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS).


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News