Berorasi Ilmiah di Bandung, Mahfud Beber Prasyarat Menuju Indonesia Emas 2045

Berorasi Ilmiah di Bandung, Mahfud Beber Prasyarat Menuju Indonesia Emas 2045
Menko Polhukam Moh. Mahfud MD menghadiri Sidang Terbuka Senat Wisuda ke-40 Universitas Komputer Indonesia (Unikom) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Foto: Antara/Rubby Jovan

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD menyatakan ada empat prasyarat untuk mencapai Indonesia Emas pada 2045.

Menurut Mahfud, keempat prasyarat menuju Indonesia Emas itu ialah penegakan hukum, pemberantasan korupsi, demokrasi yang berkualitas, dan toleransi.

"Kita bisa menyongsong Indonesia Emas jika empat prasyarat itu terwujud dan itu harus dilakukan dari sekarang,” kata Mahfud saat menyampaikan orasi ilmiah pada Sidang Terbuka Senat Wisuda ke-40 Universitas Komputer Indonesia (Unikom) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga mengimbau para lulusan Unikom tidak hanya menyandang gelar sarjana, tetapi juga menjadi intelektual bermoral demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Mahfud, generasi muda yang saat ini menjadi wisudawan dan wisudawati akan menghadapi kondisi 2045.

“Dua puluh tahun yang akan datang kita harus menjadi Indonesia Emas dan yang diwisuda ini adalah anak-anak yang nantinya akan berperan di tahun 2045," kata Mahfud.

Cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu menegaskan para sarjana mempunyai tanggung jawab moral untuk memajukan bangsa dan negara.

Mahfud menyebut mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan perintah yang tertuang dalam konstitusi.

Mahfud MD menyatakan generasi muda yang saat ini menyandang sarjana akan menghadapi kondisi saat Indonesia memasuki 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News