Berperan Aktif Tanggulangi Dampak Pandemi Covid-19, BRI Tuai Apresiasi UMKM

Berperan Aktif Tanggulangi Dampak Pandemi Covid-19, BRI Tuai Apresiasi UMKM
Bank BRI mendapatkan apresiasi dari Asosiasi UMKM Indonesia karena aktif dalam penanggulangan dampak pandemi Covid-19 pada UMKM. Foto dok Humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - Peran aktif Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi mitra strategis pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mendapat respons positif dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Umum Asosisasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengapresiasi peran BRI dalam mendukung keberlangsungan UMKM selama masa pandemi. Menurutnya, perseroan memberikan relaksasi kredit dengan baik, sekaligus menjadi agen penyalur insentif pemerintah yang aktif.

"Peran BRI sudah sangat baik. Pelaku UMKM pun sangat terbantu oleh komitmen BRI sekaligus pemerintah sebagai pemiliknya," katanya, baru-baru ini.

Ikhsan menuturkan, selama masa pandemi pelaku UMKM mengalami penurunan omzet hingga lebih dari 50 persen.

"Situasi tersebut membuat UMKM kesulitan melanjutkan operasional, jika harus tetap menjalankan kewajiban pembayaran utang," ujar Ikhsan.

Saat ini, lanjutnya, kondisi UMKM saat ini sangat bergantung pada perkembangan ekonomi riil nasional. Pelaku UMKM pun masih cukup khawatir untuk kembali melanjutkan bisnis jika pandemi masih ganas dan pemerintah terpaksa melakukan pembatasan kegiatan ekonomi.

"Kondisi memang masih tidak menentu. Pandemi memang harus ditangani lebih dahulu," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, peran BRI dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang paling besar di antara bank pelat merah lain. Penempatan dana oleh pemerintah mampu disalurkan secara signifikan untuk penyaluran kredit sekaligus penjaminannya.

Peran aktif BRI mendapatkan respons baik dari pelaku UMKM. Asosiasi UMKM Indonesia mengatakan selama pandemi BRI menyalurkan relaksasi kredit dengan baik. UMKM Berharap hal itu diteruskan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News