Bersihkan Kampus dari Penyebaran Paham Radikal

Bersihkan Kampus dari Penyebaran Paham Radikal
Mahasiswa. Ilustrasi Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada mengatakan, kampus merupakan tempat kaum intelektual dan calon intelektual.

Untuk itu, kampus harus bisa mencegah masuknya radikalisme dan terorisme.

Menurut dia, ada beberapa cara agar lingkungan kampus terbebas dari paham radikal.

“Pertama yakni pekuliahan. Perkuliahan ini yang sesuai kalender akademik atau program studi yang telah ditentukan sesuai pilihan mahasiswa dan juga pendidikan yang di luar program studi seperti kegiatan kemahasiswaan,” ujar Dede di Jakarta, Kamis (19/10)

Langkah kedua adalah memperkuat mata kuliah tertentu seperti penguatan tafsir, ideologi negara itu sendiri, dan mata kuliah tertentu lainnya..

“Selain itu, mahasiswa yang berkuliah di kampus tersebut tidak hanya diberikan teori, namun juga dibekali dengan praktik di lapangan,” ujarnya.

Cara ketiga dari tenaga pendidik atau dosen. Kampus harus berani menolak dosen yang memiliki ideologi ekstrem.

“Rekrutmen dosen di fakultas agama maupun umum dan tenaga kependidikan lainnya benar-benar diseleksi dengan ketat terkait paham dan komitmennya terhadap nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Di sinilah peran kampus dalam melakukan seleksi terhadap dosen sangat besar agar kampus itu terbebas dari benih-benih radikal,” ujar Dede.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada mengatakan, kampus merupakan tempat kaum intelektual dan calon intelektual.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News