Bersinergi untuk PEN, Bank BJB Jalin Kerja Sama Penjaminan Kredit UMKM

Bersinergi untuk PEN, Bank BJB Jalin Kerja Sama Penjaminan Kredit UMKM
Peluncuran kerja sama Bank BJB dengan Jamkrindo dan Askrindo guna penjaminan kredit bagi pelaku UMKM. Foto: Bank BJB

jpnn.com - Bank Jabar Banten (BJB) mengambil peran dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan pemerintah.

Sebagai salah satu bank penyalur kredit modal kerja andalan khususnya bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Bank BJB mendukung penuh program PEN dengan menjalin sinergi demi penguatan kelembagaan dalam menghadapi ketidakpastian selama masa pandemi.

Untuk itu pula Bank BJB menandatangani penjaminan kredit modal kerja dengan PT Jamkrindo dan PT Askrindo, Selasa (7/7). Melalui kesepakatan kerja sama itu, Jamkrindo dan Askrindo menjadi penjamin kredit modal kerja Bank BJB.

Selanjutnya dana kredit modal kerja sebagai upaya menstimulasi perekonomian nasional yang dikeluarkan oleh Bank BJB akan dijamin pihak Jamkrindo dan Askrindo.

Sebagai bentuk simbolisasi formal, Bank BJB menyalurkan kredit modal kerja sejumlah Rp 110 juta kepada nasabah UMKM yang menjalankan usah toko reklame dan toko tas. Penyaluran kredit modal kerja itu menandai berlakunya penjaminan oleh Jamkrindo dan Askrindo.

Menurut Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi, pihaknya memang menjadikan UMKM sebagai salah satu sektor fokus penyaluran pembiayaan. Terlebih, situasi pandemi COVID-19 serta-merta membuat geliat usaha kecil meredup.

"Sektor UMKM adalah tulang punggung utama yang menopang tegaknya perekonomian nasional. Dorongan terhadap pelaku usaha mikro harus menjadi prioritas terutama dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini,” ujarnya.

Di sisi lain, sambung Yuddy, perlu ada distribusi tugas dan tanggung jawab agar strategi pemulihan berjalan komprehensif. “Karena itu, Bank BJB sangat mendukung penuh sinergi penguatan antar-lembaga dalam rangka penguatan jaring pengaman di berbagai lapisan demi menjamin kelancaran pemulihan ekonomi yang menjadi harapan semua orang," kata Yuddy.

Bank Jabar Banten (BJB) mengambil peran dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News