Bertamu ke Inggris, Trump Cuek Ancam Tuan Rumah

Bertamu ke Inggris, Trump Cuek Ancam Tuan Rumah
Presiden Amerika Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Bagi publik Inggris, Donald Trump adalah bayi yang rewel. Karena itulah mereka menyambut kunjungan presiden Amerika Serikat itu dengan balon kuning dalam wujud bayi berpopok.

”Itu cara kami berkomunikasi dengan Trump dengan bahasa yang dia pahami. Cemoohan,” ungkap Leo Murray dari Blimp Organizer, kelompok yang menggagas dan membuat balon setinggi 6 meter tersebut, kepada CNN.

Masyarakat Inggris tidak salah. Trump memang kontroversial. Dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri (PM) Theresa May di sela jamuan makan malam pada Kamis (12/7), Trump menyentil perempuan 61 tahun itu terkait British Exit alias Brexit.

”Saya sudah memberikan saran kepadanya. Tapi, dia tidak setuju dan malah mengambil jalan yang berbeda,” ujarnya, sebagaimana dikutip The Sun.

Menurut Trump, kebijakan May soal Brexit bakal memengaruhi hubungan dagang AS dan Inggris. Seharusnya Inggris lebih berani dan menghadapi perdagangan bebas tanpa bayang-bayang Uni Eropa (UE) lagi.

Jika May tak mengubah kebijakannya, Trump tidak akan segan membatalkan kontrak dengan Inggris.

Dalam kesempatan tersebut, Trump juga membandingkan May dengan Boris Johnson, menteri luar negeri yang baru mengundurkan diri.

”Saya sedih mendengar dia mundur. Saya berharap dia kembali suatu saat nanti,” kata Trump. Menurut dia, Johnson lebih cocok menjadi PM Inggris ketimbang May.

Trump memang kontroversial. Dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri (PM) Theresa May, Trump tak segan-segan menyindir bahkan megancam sang tuan rumah

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News