Bertamu ke Villarreal, Barcelona Krisis Lini Belakang

Bertamu ke Villarreal, Barcelona Krisis Lini Belakang
Ernesto Valverde. Foto: Marca

jpnn.com, VILLARREAL - Pemimpin klasemen La Liga, Barcelona akan mendatangi markas Villarreal di Estadio de la Ceramica, Senin (11/12) dengan kondisi krisis lini belakang. Bek tengah andal Barca, Samuel Umtiti absen untuk dua bulan ke depan karena cedera hamstring.

''Cederanya Umtiti sangat berpengaruh bagi kami. Idealnya, dengan komposisi saat ini kami harus memiliki satu lagi bek dengan kualitas mumpuni,'' ucap Valverde kepada Football Espana.

Hal itu ditambah Javier Mascherano yang juga baru pulih dari cedera yang sama. Opsi paling mungkin adalah menduetkan Pique dengan Thomas Vermaelen. Dan, hal itu sudah dibuktikan saat menang 2-0 dari Sporting CP pada matchday pemungkas Liga Champions (6/12).

Namun, Villarreal bukan Sporting. Saat melawan Sporting, Valverde masih bisa memainkan skema 4-3-3. Nah, dengan formasi empat gelandang yang diterapkan saat melawan Villarreal nanti, maka Paulinho bisa masuk sebagai empat gelandang untuk memperkuat lini tengah.

Apalagi, Barcelona memiliki catatan apik selama tampil di Stadion La Ceramica yang sebelumnya bernama El Madrigal. Ya, Barca belum pernah kalah di sepuluh tahun terakhir saat away ke markas Villarreal itu.

Kali terakhir Barca keok adalah di pertemuan pertama musim 2007-2008 pada 20 Oktober 2007. Saat itu, mereka menyerah 1-3. Barcelona juga memiliki Messi yang sudah mencetak 11 gol saat bersua Villarreall dan hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai catatan Cristiano Ronaldo saat menghadapi lawan yang sama.

''Kami adalah Barca yang sama seperti tim lainnya yang selalu ingin menang. Terkadang, hal itu (kemenangan) sangat memungkinkan. Tapi, tidak jarang pula hal itu sulit terjadi. Situasi seperti itu selalu terjadi di sepakbola,'' kata Valverde lagi.

Sejauh ini, bersama Atletico Madrid, Barcelona menjadi tim yang belum terkalahkan. Tetapi, kondisi tuan rumah juga tidak baik. Memang, ada kemungkinan mereka bisa kembali memainkan striker Carlos Bacca yang kondisinya sudah membaik. Namun, gelandang inti mereka Pablo Fornals sangat mungkin absen.

Barcelona memiliki catatan apik selama tampil di markas Villarreal, belum pernah kalah dalam 10 tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News