Bertemu Dubes RI untuk Saudi, Menaker Ida Tinjau Kesiapan KBRI Riyadh Terapkan SPSK

Bertemu Dubes RI untuk Saudi, Menaker Ida Tinjau Kesiapan KBRI Riyadh Terapkan SPSK
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan jajaran Kemnaker melakukan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Wisma KBRI Riyadh, Minggu (26/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, RIYADH - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan tantangan ketenagakerjaan berkaitan dengan isu-isu lainnya, seperti ekonomi, kesehatan, sosial, dan ketahanan.

Dia menyampaikan sebagai kementerian yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan, memiliki prioritas utama menghadapi tantangan ketenagakerjaan di masa depan.

Hal tersebut dikemukakan Menaker Ida Fauziyah ketika melakukan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Wisma KBRI Riyadh, Minggu (26/2).

Lebih lanjut Menaker Ida Fauziyah mengatakan Kemnaker saat ini sedang memperkuat beberapa strategi lompatan ketenagakerjaan melalui pengembangan link and match ketenagakerjaan dan perluasan pasar kerja luar negeri.

Dalam memperluas pasar kerja luar negeri, lanjut dia, Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi pada 11 Agustus 2022 telah menandatangani Technical Arrangement tentang proyek percontohan Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK) untuk penempatan terbatas Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi.

Sebagai tindak lanjut penandatangan ini, kedua negara telah selesai melakukan integrasi aplikasi agar SPSK dapat segera diterapkan di Arab Saudi.

"Prosesnya saat ini telah memasuki tahap perekrutan calon PMI untuk dapat diinput ke dalam SPSK," beber Menaker Ida Fauziyah.

Pada kesempatan tersebut, Menaker Ida juga meninjau kesiapan KBRI menerapkan SPSK di Arab Saudi, termasuk kesiapan sumber daya, sarana dan prasarana yang diperlukan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan jajaran Kemnaker melakukan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News