Bertemu Ganjar Pranowo, Dubes Ukraina Puji Keberagaman di Indonesia

Bertemu Ganjar Pranowo, Dubes Ukraina Puji Keberagaman di Indonesia
Gubernur Ganjar Pranowo dan Dubes Ukraina Vasyl Hamianin. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Biasanya, sejumlah duta besar dari negara-negara asing datang ke Jawa Tengah untuk membahas soal kerja sama dan investasi.

Namun, tidak dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Saat datang ke Jateng dan bertemu Gubernur Ganjar Pranowo, Vasyl justru membahas tentang budaya dan seni tradisional.

Hal itu tentu saja membuat Ganjar terkejut. Apalagi, Dubes Ukraina ini begitu paham dengan sejarah bangsa Indonesia dari sejumlah buku yang dibacanya.

"Kami orang Ukraina tahu bahwa Jawa Tengah adalah jantung dan jiwa Indonesia. Di Ukraina, banyak buku tentang budaya dan sastra dari Indonesia. Saya pernah membaca Joyoboyo, Ronggowarsito dan buku-buku sejarah lainnya," kata Vasyl.

Vasyl juga membuat Ganjar terkagum-kagum dengan cerita tentang pengetahuannya perihal Gadjah Mada hingga Pangeran Diponegoro.

Vasyl bahkan mengatakan Indonesia sangat hebat karena bisa mempersatukan keragaman suku, agama, ras dan budaya yang beranekaragam dengan panji Bhineka Tunggal Ika.

"Kami orang Ukraina juga hampir sama dengan Indonesia. Kami berjuang melawan penjajah sekitar 300 tahun dan kami juga punya pahlawan-pahlawan seperti Pangeran Diponegoro, Jenderal Sudirman dan lainnya. Kami juga punya banyak suku dan agama," jelasnya.

Pernyataan Dubes Ukraina itu membuat Ganjar terpana. Dia tak menyangka, pengetahuan akan budaya dan tradisi Indonesia begitu dipahami oleh masyarakat Ukraina. 

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin bertemu Gubernur Ganjar Pranowo membahas banyak hal.