Jumat, 24 Mei 2019 – 01:55 WIB

Bertemu Jack Ma, Jokowi Bicara Peningkatan SDM e-Commerce

Sabtu, 01 September 2018 – 23:55 WIB
Bertemu Jack Ma, Jokowi Bicara Peningkatan SDM e-Commerce - JPNN.COM

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9).

Pada awal pertemuan, Presiden Ketujuh RI mengapresiasi Jack Ma yang akan hadir dalam upacara penutupan Asian Games 2018 besok. Kepala Negara pun sempat berkelakar tentang aksinya saat upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Saya berharap dapat melihat penampilan Anda pada upacara penutupan karena seperti yang Anda tahu, saya harus melompat dari sepeda motor untuk melakukan bagian saya dalam upacara (pembukaan) Asian Games," kata Jokowi, diiringi tawa semua yang hadir di ruangan.

Asian Games berikutnya, yakni tahun 2022 akan diselenggarakan di Kota Hangzhou, Tiongkok, yang merupakan kota di mana kantor pusat Alibaba berada.

Dalam pertemuan tersebut, presiden dan jajarannya bersama Jack Ma membahas berbagai hal, utamanya bicara soal peta jalan e-commerce di Indonesia yang telah diumumkan sejak awal 2016 lalu.

"Ada beberapa tadi yang mengemuka dalam pembahasan tersebut, yaitu yang pertama adalah masalah talent, sumber daya manusia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menerangkan kepada para jurnalis seusai pertemuan.

Rudiantara mengatakan, dalam pertemuan tersebut juga muncul ide untuk membuat Jack Ma Institute untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). Selain untuk memenuhi kebutuhan SDM di dalam negeri, juga untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat pemasok SDM bagi negara-negara di kawasan.

"Talent ini menjadi isu nomor satu di dunia. Saking cepatnya pertumbuhan ekonomi digital ini, sumber daya manusianya yang belum bisa mengejar," lanjut Rudiantara.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar