Bertemu Presiden Afsel, Ahok Terpincut Usaha Perikanan

Bertemu Presiden Afsel, Ahok Terpincut Usaha Perikanan
Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Basuki T Purnama di Jakarta, Rabu (8/3). Foto: Gunawan/JawaPos.Com

jpnn.com - jpnn.com - Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama ikut hadir pada pertemuan antara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dengan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Rabu (8/3).

Ahok -panggilan akrab Basuki- mengaku terpincut oleh budi daya industri perikanan di Cape Town, Afrika Selatan. Menurutnya, konsep budi daya perikanan ala Afsel itu bisa diterapkan di Kepulauan Seribu.

"Saya bilang kami tertarik dengan budidaya industri perikanan. Kan kami ada Pulau Seribu," kata Ahok usai ikut pertemuan dengan Presiden Zuma di rumah Megawati.

Calon petahana pada Pilkada DKI Jakarta itu menyatakan, Afrika memiliki bisnis menyediakan lahan dan perizinan. Menurut Ahok, kerja sama dengan Afrika Selatan lebih baik dilakukan antar-perusahaan.

"Kami juga punya BUMD yang begitu banyak termasuk swasta. Kami mau tawarkan Pulau Seribu selain untuk wisata juga baik untuk pengolahan ikan maupun industri perikanan," ucap Ahok.

Lebih lanjut Ahok mengatakan, pertemuan dengan Zuma berlangsung santai. ‎Ahok bahkan mengaku sempat bercanda mengenai sister city. Yakni konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

Ahok menuturkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memiliki nota kesepahaman dengan Cape Town. Namun, dia menambahkan, belum ada penandatanganan.

"Saya juga candain kenapa ada sister city enggak ada brother city. ‎Itu alasan kenapa saya agak lambat tanda tangan sister city-nya. Kalau ada brother city mungkin cepat. Yang ada kan brotherhood atau enggak ada sisterhood juga. Ya kami becanda lah," tutur Ahok.(gil/jpnn) 


Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama ikut hadir pada pertemuan antara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dengan Presiden RI Kelima


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News