Bertemu Ratu Maxima, Menko Airlangga dan Agus Gumiwang Fokus Bahas Digitalisasi UMKM

Bertemu Ratu Maxima, Menko Airlangga dan Agus Gumiwang Fokus Bahas Digitalisasi UMKM
Diskusi Forum Ekonomi Dunia 2022 yang dihadiri Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda. Foto: Humas Kemenperin

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus mendorong kemajuan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Hal itu dilakukan pada rangkaian diskusi Forum Ekonomi Dunia 2022 yang dihadiri Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda.

Ratu Naxima memberikan perhatian agar pemerintah Indonesia dapat menjaga dampak inflasi dan pengaruhnya terhadap UMKM, khususnya untuk industri pangan.

Namun, pertumbuhan UMKM di Indonesia dinilai belum memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut berupaya agar para pelaku IKM dapat meningkatkan penjualannya melalui pemasaran digital atau online.

Sejumlah strategi dilakukan, di antaranya melalui link & match atau kemitraan dengan industri skala besar dan BUMN, membangun ekosistem digital dengan masuk ke dalam platform marketplace, dan melalui pengadaan barang pemerintah dan BUMN.

“Kemenperin telah menyelenggarakan berbagai program pembinaan dan pendampingan kepada pelaku IKM agar mereka bisa menjadi bagian dari rantai pasok industri di dalam negeri maupun global,” jelas Menperin Agus Guminang, Senin (6/6).

Menurut dia, pemanfaatan teknologi serta pemasaran produk UMKM secara digital dapat mempermudah transaksi dengan adanya platform pembayaran digital.

Menko Airlangga dan Agus Gumiwang fokus membahas digitalisasi UMKM saat bertemu Ratu Maxima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News