Bertemu Ratusan Pengusaha, Ganjar Beber Ikhtiarnya Jaga Ekonomi & Iklim Usaha Jateng

Bertemu Ratusan Pengusaha, Ganjar Beber Ikhtiarnya Jaga Ekonomi & Iklim Usaha Jateng
Ganjar Pranowo yang mengakhiri masa tugasnya sebagai gubernur Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (5/9) menghadiri Farewell Meet Up di Hotel Syailendra, Semarang, Kamis (7/9) malam. Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Ganjar Pranowo yang telah mengakhiri masa tugasnya sebagai gubernur Jawa Tengah (Jateng) menghadiri perpisahan dengan para pengusaha di Kota Semarang pada Kamis (7/9) malam.

Dalam acara bertitel Farewell Meet Up yang dilaksanakan di Hotel Syailendra itu, Ganjar menceritakan pengalamannya memimpin Jateng, terutama dalam mendorong sektor bisnis dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ganjar menuturkan dirinya sebelum menjadi gubernur Jateng sudah memperoleh informasi tentang keluhan dan keinginan para pengusaha.

“Terus kawan-kawan pengusaha memberi masukan pada periode pertama saya jadi gubernur," ujar Ganjar di acara yang dipandu komedian kondang Lies Hartono alias Cak Lontong tersebut.

Selama sekitar 90 menit, mantan gubernur yang kini menjadi bakal capres untuk Pilpres 2024 itu menceritakan pengalamannya menjaga iklim usaha, mengembangkan UMKM, mendorong penegakan hukum, dan menghadapi persoalan perizinan.

Menurut Ganjar, masukan para pengusaha mendorongnya melahirkan inovasi tata kelola pemerintahan, terutama untuk pengembangan ekonomi di Jateng.

Begitu mulai menjadi gubernur Jateng pada Agustus 2013, Ganjar langsung mendorong kemudahan perizinan, kepastian berusaha, dan menciptakan suasana kondusif bagi investasi.

Langkah itu membuat Jateng menjadi incaran investor. “Muncul kawasan industri dan ada perusahaan relokasi ke Jawa Tengah," tuturnya di acara yang dihadiri ratusan pengusaha itu.

Ganjar Pranowo menceritakan pengalamannya menjaga iklim usaha, mendorong UMKM, mengendalikan inflasi, dan menjauhkan birokrasi dari praktik koruptif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News