Berusaha Luluhkan PM Baru Jepang, Xi Jinping Kutip Pepatah Kuno China

Berusaha Luluhkan PM Baru Jepang, Xi Jinping Kutip Pepatah Kuno China
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Presiden China Xi Jinping berusaha memberi kesan pertama yang positif dalam komunikasi perdananya dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Jumat (8/10).

Menghadapi mantan menteri luar negeri Jepang yang terkenal tegas dalam isu China, Xi mengutip pepatah kuno bahwa bertetangga yang baik merupakan harta tak ternilai bagi suatu negara.

"China dan Jepang adalah tetangga dekat," kata Xi seperti dikutip media resmi China.

Menurut Xi, membangun persahabatan dan kerja sama antara China dan Jepang harus didasarkan pada kepentingan utama kedua negara dan rakyatnya, serta menjaga situasi yang kondusif di Asia demi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran global.

Saat ini kemitraan China dan Jepang sedang menghadapi peluang dan tantangan.

China menganggap penting pemerintahan Jepang yang baru dan berharap komunikasi kedua negara tetap terjalin dengan lancar.

Jelang 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik China-Jepang pada 2022, Xi berharap kedua negara meninjau kembali aspirasi awal untuk membuka membuka lembaran baru hubungan bilateral.

Kishida secara resmi mulai menjabat PM Jepang pada Senin (4/10). Dia menggantikan Yoshihide Suga yang mengundurkan diri.

Presiden China Xi Jinping berusaha memberi kesan pertama yang positif dalam komunikasi perdananya dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News