Pilkada DKI Jakarta 2017

Besok Coblosan, 46.628 Surat Suara Dimusnahkan

Besok Coblosan, 46.628 Surat Suara Dimusnahkan
Pemusnahan surat suara pilkada DKI di halaman kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Selasa (14/2). Foto: Surya Kawung/JawaPos.Com

jpnn.com - jpnn.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memusnahkan 46.628 surat suara untuk pilkada. Menurut Ketua KPU DKI Sumarno, surat suara yang dimusnahkan itu dalam kondisi rusak dan berlebih.

Pemusnahan dilakukan di halaman kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (14/2). Kegiatan itu juga disaksikan perwakilan Polda Metro Jaya, Badan Pengawas Pemilu dan Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) DKI.

Sebelumnya KPU DKI telah menerima 7.341.247 surat suara yang telah disebarkan ke masing-masing KPU kabupaten/kota. Jumlah itu sudah termasuk 2,5 persen dari 7.294.619 untuk surat suara tambahan.

Sedangkan 46.628 surat suara yang dimusnahkan merupakan hasil sortiran dan pelipatan dari KPU tingkat kabupaten/kota. Rinciannya adalah 22.444 surat suara yang dinyatakan rusak atau cacat, serta 24.184 surat suara yang berlebih.

"Kenapa suara suara dimusnahkan pada H-1 (14/2) pada saat pemungutan suara tidak ada satu pun surat suara yang beredar yang telah di TPS yang didistribusikan ditiap TPS kita tahu ada," ujar Sumarno.

Soal logistik untuk TPS, KPU DKI memastikan semua kebutuhan dan keperluan sudah terdistribusi pada hari ini. “Dipastikan sampai sore dan nanti malam semua logistik bisa selesai didistribusikan," jelasnya.

Selain itu, dia juga mengimbau warga yang belum mendapatkan formulir C6 atau surat undangan pemilihan untuk tetap datang ke TPS. "Semoga pemungutan suara untuk besok pagi mulai pukul 07.00 - 13.00 berlangsung secara aman lancar masyarakat dapat datang berbondong-bondong datang untuk mencoblos ke TPS," katanya.(uya/JPG)


Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memusnahkan 46.628 surat suara untuk pilkada. Menurut Ketua KPU DKI Sumarno, surat suara yang dimusnahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News