BI Catat Jumlah Pekerja Asing 45 Ribu

Gaji Tertinggi di Sektor Konstruksi dan Pertambangan

BI Catat Jumlah Pekerja Asing 45 Ribu
BI Catat Jumlah Pekerja Asing 45 Ribu
JAKARTA - Indonesia sepertinya punya magnet kuat di mata asing. Buktinya, selain dana asing yang membanjiri Indonesia, puluhan ribu para tenaga kerja asing (TKA) pun juga menduduki posisi tinggi di berbagai perusahaan di Indonesia.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia (BI) Difi Johansyah mengatakan, merujuk pada Laporan Survei Nasional Tenaga Kerja Asing di Indonesia Tahun 2009 yang dirilis BI akhir pekan lalu, jumlah TKA di Indonesia memang mencapai puluhan ribu. "Tepatnya, 45.384 orang," ujarnya akhir pekan lalu.

Laporan "survei BI menyebutkan, sebagian besar atau sekitar 63 persen TKA tersebut berdomisili di Jakarta dan sebagian besar menduduki middle to top management. "30 persen TKA menjabat sebagai manajer dan 23 persen sebagai direktur," katanya.

Difi menyebut, survei BI dilakukan terhadap 365 orang asing yang mayoritas berada di pulau Jawa (83 persen), yakni DKI Jakarta (48 persen), Jawa Barat (22 persen), Banten (9 persen) dan Jawa Timur (3 persen). Sedangkan 17 persen responden lain berasal dari luar Jawa. "Yakni di Kepulauan Riau/Riau 11 persen, Kaltim 4 persen, dan Bali 3 persen," sebutnya.

JAKARTA - Indonesia sepertinya punya magnet kuat di mata asing. Buktinya, selain dana asing yang membanjiri Indonesia, puluhan ribu para tenaga kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News