BI Rate Kembali ke Angka Enam Persen

BI Rate Kembali ke Angka Enam Persen
BI Rate Kembali ke Angka Enam Persen
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada Kamis (13/6) ini memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 bps (basis poitns) menjadi 6,00 persen dengan suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25 dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen. BI rate sempat bertahan di angka 5,75 sejak diturunkan 25 bps dari 6,00 pada Februari lalu.

 Keputusan itu diambil sebagai respon atas laju inflasi dan ketidakstabilan pasar keuangan global.

Menurut Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs, menyatakan, BI akan terus berupaya memelihara kestabilan makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan. Menurutnya, BI tetap melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai kondisi fundamental dan terus menjaga kecukupan likuiditas di pasar valas domestik.

 “BI akan melanjutkan penguatan operasi moneter melalui pengayaan instrumen moneter dan pendalaman pasar uang rupiah dan valas,” kata Jacobs melalui siaran pers yang diterima wartawan, Kamis (13/6).

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada Kamis (13/6) ini memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 bps

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News