Biar Kukuh, Defense Harus Ramai

Biar Kukuh, Defense Harus Ramai
Biar Kukuh, Defense Harus Ramai
SURABAYA - Defense adalah salah satu elemen terpenting dalam bola basket. Banyak yang meyakini bahwa defense lebih signifikan perannya daripada offense. Setidaknya itu terbukti dalam final NBA 2010, di mana LA Lakers menjadi juara karena lebih hebat bertahan daripada Boston Celtics.

Dalam hari ketiga Development Basketball League (DBL) World Camp 2010 kemarin (9/8), dasar pola defense juga mendapat perhatian ekstra. Para pelatih dari NBL Australia mengajarkan pola bertahan yang disebut defense cell series. Pola tersebut adalah bentuk paling sederhana dalam pola penjagaan man to man.

Prinsip utama skema pertahanan tersebut adalah menjaga lawan agar tidak masuk ke jantung pertahanan. Lawan sebisa mungkin digiring menuju sisi baseline. Agar defense lebih tangguh, para pelatih NBL Australia menginstruksi para camper untuk ramai dalam bertahan. Ramai dalam arti mereka selalu berteriak untuk berkomunikasi dengan rekan-rekannya.

Dalam sesi latihan kemarin dicontohkan beberapa bentuk komunikasi. Pemain yang dekat dengan bola harus berteriak ball - ball-. Pemain yang berada satu spasi di sebelahnya wajib berteriak deny - deny-. Sedangkan pemain yang berada dua spasi dari pemain yang menjaga pembawa bola memekikkan help - help... Terakhir, orang yang berdiri paling belakang di garis pertahanan harus mengucapkan split - split-. Teriakan-teriakan itu akan membuat para pemain lebih kompak dalam bertahan.

SURABAYA - Defense adalah salah satu elemen terpenting dalam bola basket. Banyak yang meyakini bahwa defense lebih signifikan perannya daripada offense.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News