Bicara Makna Nyepi, Hasto Tetap Singgung Prabowo - Sandi

Bicara Makna Nyepi, Hasto Tetap Singgung Prabowo - Sandi
Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menyampaikan selamat Hari Raya Nyepi 2019 kepada umat Hindu, Kamis (7/3). Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, perayaan Nyepi ini adalah refleksi keberagaman Indonesia serta memperkuat prinsip ketuhanan yang berkebudayaan.

"Nyepi mengandung pengertian harfiah sunyi, senyap, suatu proses spiritual menghentikan seluruh aktivitas kehidupan melalui catur brata, amati geni, amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Kesemuanya adalah proses menyucikan seluruh kehidupan alam raya. Maka Nyepi itu penuh dengan penghormatan amerta air kehidupan," kata Hasto di sela Safari Kebangsaan di Aceh.

BACA JUGA: Selain Meditasi Saat Nyepi, 5 Aktivitas Ini Baik untuk Otak

Dia melanjutkan, Nyepi terasa begitu relevan di tengah situasi politik nasional yang masih diwarnai fitnah, atau yang terakhir kegiatan peretasan untuk memopulerkan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang dilakukan di Puskesmas.

"Peretasan yang memopulerkan Paslon Prabowo - Sandi tersebut sangat tidak manusiawi, menganggu proses pelayanan kesehatan rakyat yang sedang sakit, dan menganggu rangkaian Nyepi yang seharusnya diisi dengan hal-hal penuh kebaikan," kata Hasto.

Bagi PDI Perjuangan, perayaan hari Nyepi merupakan cermin bagaimana negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut kepercayaannya.

BACA JUGA: Hasto Berang Dengar Kabar Nama Prabowo - Sandi Muncul di Running Text Puskesmas

 

PDI Perjuangan melalui Sekjen Hasto Kristiyanto menyampaikan selamat Hari Raya Nyepi 2019 kepada umat Hindu. Dia pun tak lupa menyinggung Prabowo - Sandi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News