JPNN.com

Selain Meditasi Saat Nyepi, 5 Aktivitas Ini Baik untuk Otak

Kamis, 07 Maret 2019 – 18:30 WIB Selain Meditasi Saat Nyepi, 5 Aktivitas Ini Baik untuk Otak - JPNN.com

jpnn.com - Hari raya Nyepi mengharuskan umat Hindu tidak bepergian dan tidak melakukan kesibukan yang berarti, tidak mengeluarkan kegaduhan, serta tidak menyalakan api (sumber cahaya lain, termasuk lampu).

Gunanya, agar dalam sunyi dan gelap, umat Hindu bisa merenungkan segala perbuatan di dunia dan menyucikan diri. Umumnya, meditasi sering dilakukan saat Nyepi. Namun, bagi Anda yang tidak ingin meditasi atau tidur seharian, ada beberapa referensi kegiatan yang baik untuk otak dan bisa Anda lakukan sebelum hari gelap.

Asah otak dengan kegiatan simpel ini

Meditasi memang umum dilakukan saat Nyepi. Namun beberapa aktivitas lain seperti dilansir Everyday Health, berikut, juga bisa menjadi pilihan.

1. Berinteraksi dengan permainan kata

Permainan kata yang dimaksud di sini adalah membaca. Membaca berita, baik di surat kabar maupun berita online, merupakan kegiatan awal yang baik untuk melatih kemampuan otak. Bahkan, menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari KlikDokter, membaca (dongeng atau ensiklopedia) merupakan stimulan yang tepat dalam mengembangkan sel saraf otak secara maksimal.

John E. Morley, MD., Direktur Divisi Kedokteran Geriatri dari St Louis University, mengatakan bahwa bermain sudoku dan permainan kata-kata, seperti membaca komik strip, juga baik dilakukan.

2. Mendengarkan musik dan belajar alat musik (bagi yang tidak merayakan Nyepi)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...