Tidur Seharian Saat Nyepi, Adakah Manfaat Sehatnya?

Tidur Seharian Saat Nyepi, Adakah Manfaat Sehatnya?
Tidur tengkurap. Foto: Pixabay

jpnn.com - Untuk membunuh waktu, selain bermeditasi, orang yang merayakan Nyepi juga biasanya tidur dalam waktu yang lama alias tidur seharian. Hal itu sebenarnya dilakukan dalam upaya agar tidak tergoda untuk melakukan hal-hal yang menjadi pantangan di saat Nyepi.

Sementara itu, orang yang tidak merayakan Nyepi dan tak punya kegiatan khusus di hari libur nasional juga bisa tidur seharian demi membunuh rasa bosan sekaligus mengisi ulang tenaga. Meski begitu, apakah tidur seharian itu bermanfaat untuk mengisi ulang tenaga? Atau jangan-jangan, justru tidak ada manfaatnya bagi kesehatan?

Tidur terlalu lama dan dampaknya bagi kesehatan

Pada dasarnya, setiap orang harus memiliki kualitas tidur yang baik. Namun sayangnya, dilansir dari WebMD, bila Anda tidur dalam waktu yang kelewat panjang, hal itu justru dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Jumlah tidur yang dibutuhkan setiap orang memang berbeda-beda. Tergantung dari usia, tingkat aktivitas, kondisi kesehatan secara menyeluruh, serta gaya hidup.

Misalnya, selama periode stres berat atau sedang sakit, umumnya Anda akan membutuhkan kualitas serta durasi tidur yang lebih lama. Namun, meski kebutuhan tidur orang itu berbeda-beda, para ahli tetap merekomendasikan orang dewasa untuk tidur selama 7 hingga 9 jam per harinya.

Sebelumnya, dikatakan bahwa kelebihan waktu tidur dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Tapi di sisi lain, dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter juga mengatakan bahwa orang yang sering kurang tidur juga berpotensi mengalami diabetes.

“Ini karena, waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan hormon insulin. Sehingga, diabetes pun riskan terjadi,” jelas dr. Nitsh.

Orang yang merayakan Nyepi juga biasanya tidur dalam waktu yang lama alias tidur seharian.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News