JPNN.com

Bicara Soal LGBT, JK Rowling Pilih Mengembalikan Penghargaan HAM yang Pernah Diterimanya

Jumat, 04 September 2020 – 14:35 WIB
Bicara Soal LGBT, JK Rowling Pilih Mengembalikan Penghargaan HAM yang Pernah Diterimanya - JPNN.com
JK Rowling. Foto: AFP

jpnn.com - Penulis Harry Potter, JK Rowling mengembalikan hadiah dari Robert F Kennedy Human Rights berupa penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) yang pernah didapatnya pada 2019 dari keluarga Kennedy sebagai penyelenggara kegiatan itu.

Dia mengembalikan penghargaan itu setelah Presiden organisasi Kennedy Award memberikan kritikan terhadap opini transgender yang dilontarkan JK Rowling.

Putri almarhum senator Kennedy itu menerbitkan pernyataan yang merasa kecewa yang mendalam kepada komentar JK Rowling.

"Pernyataan itu tidak tepat yang mengatakan saya mengalami transfobik dan saya bertanggung jawab atas kerugian bagi orang-orang transgender," ucap JK Rowling mengomentari kritikan tersebut, seperti dilansir dari berbagai sumber.

JK Rowling mengatakan sudah sejak lama dia menyumbangkan penghasilannya untuk masyarakat LGBT dan pendukung hak transgender untuk hidup bebas dari penganiayaan. Dia membantah tuduhan kalau membenci kaum transgender.

"Saya tidak membenci mereka, atau ingin mereka sakit, atau membela hak-hak perempuan itu salah, diskriminatif, dan menghasut kerusakan pada komunitas transgender," lanjut JK Rowling.

Kerry Kennedy yang memberikan penghargaan pada JK Rowling itu bergabung dengan seleb Hollywood yang mengkritik opini soal antitransgender.

Pernyataan yang dipublikasikan di situs RFK Human Rights menyebut JK Rowling sebagai penerima penghargaan Ripple of Hope untuk pendirian yayasan Lumos tidak sesuai dengan visi ayahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia