Bikin Holding, Bentuk PT Pangan Nusantara

Bikin Holding, Bentuk PT Pangan Nusantara
Bikin Holding, Bentuk PT Pangan Nusantara
JAKARTA - Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana membentuk PT Pangan Nusantara. Ini merupakan penggabungan tiga perusahaan plat merah yang bergerak di sektor pangan, yaitu PT Sang Hyang Seri, PT Berdikari, dan PT Pertani.

"Holding ini nantinya akan mengelola food estate seluas 100.000 hektare," kata Deputi Bidang Usaha Industri Primer Kementerian BUMN Muhammad Zamkhani dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di Senayan, Jakarta, Senin (2/4).

Zamkhani menjelaskan, Kementerian BUMN sudah mengajukan nama PT Pangan Nusantara ke Kementerian Hukum dan HAM. Sementara pengkajian sedang dilakukan oleh pemerintah sebagai pemegang saham atas rencana pembentukan PT Pangan Nusantara sebagai holding di bidang pangan."Pemerintah tengah membuat kajian yang meliputi ekonomi komprehensif untuk melihat prospek bisnis pangan ke depan," jelasnya.

Penggabungan tiga perusahaan yang bergerak di bidang pangan ini diharapkan membuat lebih efektif upaya mewujudkan swasembada beras. Dalam waktu dekat, BUMN pangan ini akan membuka lahan seluas 100.000 hektare di Kalimantan Timur dan diharapkan dapat mencapai total target 300.000 hektare.

JAKARTA - Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana membentuk PT Pangan Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News