Billy Beber Perhatian dan Visi Besar Jokowi dalam 17 Kali Kunjungan ke Papua

Billy Beber Perhatian dan Visi Besar Jokowi dalam 17 Kali Kunjungan ke Papua
Billy Beber Perhatian dan Visi Besar Jokowi dalam 17 Kali Kunjungan ke Papua. Foto: Humas Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi Billy Mambrasar menilai kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat di sana.

Menurut Billy, Presiden Jokowi sudah 17 kali berkunjung dan selalu disambut antusias oleh ribuan orang yang memadati jalan dengan membawa spanduk dan poster.

"Saya tidak melihat sedikit pun surut antusiasme masyarakat menyambut kedatangan beliau," ujar Billy, dalam keterangannya, Jumat (14/7).

Dia mengungkapkan presiden juga tidak lelah setelah melakukan kunjungan kerja pada 5-7 Juli 2023, di dua negara yang berbatasan langsung dengan Papua, yakni Australia dan Papua New Guinea.

Mulai dari peresmian infrastruktur Bandara di Kabupaten Asmat, panen raya jagung di Kabupaten Keerom, inspeksi mendadak (sidak) kondisi pasar di Kabupaten Jayapura, dan membuka gelaran karnaval anak muda Papua yang memamerkan bakat dan kemajuan SDM Tanah Papua utamanya di sektor ekonomi kreatif.

Dia lalu menjelaskan empat arahan Presiden Jokowi terkait strategi dan visi besar dalam membangun Tanah Papua.

Pertama, percepatan pembangunan infrastruktur. Sesuai dengan visi Presiden Jokowi bahwa percepatan pembangunan infrastruktur akan mempermudah alur barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat, mengurangi biaya dan meningkatkan perputaran uang.

Kedua, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan perbaikan kesehatan, sehingga Presiden memerintahkan agar ada akselerasi sektor pendidikan.

Billy Mambrasar beber perhatian dan visi besar Presiden Jokowi dalam 17 kali kunjungan ke Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News