Bina Adwil Kemendagri Seleksi Ketat Calon Penerima Satyalancana Wira Karya

Bina Adwil Kemendagri Seleksi Ketat Calon Penerima Satyalancana Wira Karya
Ditjen Bina Adwil Kemendagri bersama Kementerian/Lembaga terkait melakukan sejumlah tahapan, seperti verifikasi berkas administrasi dan teknis hingga peninjauan langsung ke lapangan untuk melihat kesesuaian dokumen usulan dengan kondisi lapangan dalam rangka seleksi calon penerima Satyalancana Wira Karya bidang kelautan. Foto: dok Ditjen Bina Adwil Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah akan menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada sejumlah kepala daerah dan kepala perangkat daerah dalam perhelatan Hari Nusantara (Harnus) di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Rabu (13/12) mendatang.

Penghargaan diberikan kepada pejabat yang dinilai telah melakukan inovasi di bidang kelautan serta berhasil dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan wilayah lautnya.

Inovasi bidang kelautan ini juga merupakan bagian dari upaya kepala daerah dan kepala perangkat daerah dalam menguatkan pelayanan kepada masyarakat pesisir.

Sebagai negara kepulauan, sebagian wilayah administrasi pemerintahan daerah, provinsi, kabupaten, ataupun kota yang memiliki garis pantai, berhak dan berkewajiban dalam mengelola wilayah lautnya.

Untuk memberikan apresiasi kepada kepala daerah dan kepala perangkat daerah yang melakukan inovasi, serta berhasil dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan wilayah lautnya, maka pemerintah pusat akan melakukan penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Pengusulan Satyalancana Wira Karya dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil Kemendagri).

Rencananya, penyematan tanda kehormatan ini akan dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Ketua Pelaksana Pusat Hari Nusantara 2023.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menerangkan latar belakang penyematan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya merujuk pada Deklarasi Djoeanda dan otonomi daerah dalam pengelolaan laut.

Sebagai apresiasi kepada pejabat daerah yang melakukan inovasi di bidang kelautan, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News