Binda Gorontalo Gencarkan Vaksinasi Untuk Kawal Transisi Pandemi ke Endemi

Binda Gorontalo Gencarkan Vaksinasi Untuk Kawal Transisi Pandemi ke Endemi
Binda Gorontalo menggelar vaksinasi. Dok Humas BIN.

jpnn.com, GORONTALO - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Gorontalo menggencarkan vaksinasi dosis pertama dan ketiga kepada masyarakat. Kegiatan ini digelar untuk mengawal transisi pandemi ke endemi yang tengah dijalani Indonesia

Kabinda Gorontalo Suryono mengatakan vaksinasi ini sengaja terus digelar agar tidak ada lagi lonjakan kasus yang bisa membuyarkan proses transisi tersebut. 

“Kami memanfaatkan berbagai momen perayaan keagamaan sebagai salah satu sarana mendekati masyarakat yang ingin vaksinasi. Seperti yang dilakukan di Gereja Ekklesia Pantekosta Gorontalo, Minggu (10/4),” kata dia dalam siaran persnya, Senin (11/4).

Menurut dia, vaksinasi yang digelar di gereja sebagai salah satu strategi jemput bola yang digelar BIN.

“Hasilnya memang cukup efektif untuk meningkatkan capaian vaksinasi di wilayah Gorontalo," kata Suryono.

Menurut dia, salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menuju endemi adalah positivity rate Covid-19 harus di bawah lima persen selama enam bulan berturut-turut. 

Ini hanya bisa dicapai bila rasio vaksinasi telah mencapai minimal 70 persen di semua dosis vaksin sebagai prasyarat terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity di tengah masyarakat. 

"Provinsi Gorontalo menuju ke sana, yaitu mencapai target herd immunity 70 persen baik dosis primer maupun booster sebagai syarat untuk memasuki masa endemi," tegasnya.

Binda Gorontalo menggencarkan vaksinasi untuk mengawal proses transisi pandemi ke endemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News