Biola Buatan 1719 Diperkirakan Laku Rp 513 Miliar

Biola Buatan 1719 Diperkirakan Laku Rp 513 Miliar
Musisi David Aaron Carpentes memainkan biola “The Macdonald” buatan Antonio Stradivari. Foto: REUTERS

jpnn.com - NEW YORK - Balai lelang Sotheby berencana memecahkan rekor penjualan alat musik termahal dengan menawarkan biola "The Macdonald" buatan pembuat biola legendaris asal Italia, Antonio Stradivari. Biola yang dibuat tahun 1719 itu diperkirakan bisa laku hingga USD 45 juta atau sekitar Rp 513 miliar (USD= Rp 11.400).

Antonio Stradivari atau dalam bahasa Latin sering disebut Stradivarius, hidup dari tahun 1644 sampai 18 Desember 1737. Dia dikenal sebagai maestro pembuat instrumen musik mulai dari biola, gitar, cello, dan harpa. Karena sudah lama, alat musik buatanya sangat langka dan tentunya berharga sangat mahal.

Khusus untuk biola buatan Stradivari, diperkirakan kini hanya tinggal 10 buah yang tersisa dan sebagian besar menjadi koleksi museum. Lelang terakhir biola Stradivarius berlangsung tahun 2011, saat biola "Lady Blunt" terjual senilai USD 15,9 juta atau Rp 182 miliar.

Sampai sekarang belum alat musik yang terjual melebihi Lady Blunt. Nama "The Macdonald" didapat biola warna cokelat itu saat dimiliki Godfrey Bosville, yang merupakan Baron Macdonald ketiga pada awal abad ke-19.

"The Macdonald adalah biola terbaik yang pernah ada," ucap David Aaron Carpenter, pemain biola terkenal asal Amerika setelah mencoba memainkan biola tersebut.

Tercatat pemilik terakhir "The Macdonald" adalah Peter Schidlof yang dikenal sebagai personel Amadeus Quartet. Seperti dikutip dari New York Post, Jumat (28/3), Peter yang meninggal tahun 1987 membeli biola itu pada tahun 1964, hingga akhirnya alat musik gesek itu dilelang setelah para ahli warisnya mengalami kesulitan keuangan. (pra/jpnn)


NEW YORK - Balai lelang Sotheby berencana memecahkan rekor penjualan alat musik termahal dengan menawarkan biola "The Macdonald" buatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News