Bisa Mengelola Stres dan Tidur Teratur Ternyata Ampuh Mencegah Obesitas

Bisa Mengelola Stres dan Tidur Teratur Ternyata Ampuh Mencegah Obesitas
Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition Dr. Rimbawan memberikan tips mencegah obesitas. Foto dokumentasi Herbalife Nutrition

jpnn.com, JAKARTA - Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang penting mendapatkan perhatian.

Pasalnya, bisa memicu munculnya beragam risiko kesehatan, seperti diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, batu empedu, juga strok.

"Mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif adalah cara paling efektif untuk mengatasi obesitas," kata Anggota Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition Dr. Rimbawan dalam keterangannya, Kamis (18/8).

Obesitas ditandai dengan penumpukan lemak tubuh yang berlebihan. Setiap kali keseimbangan energi positif atau mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dikeluarkan, akan mengumpulkan sebagai lemak juga dikenal sebagai jaringan adiposa.

Lemak, ujarnya, bisa terakumulasi dalam jaringan adiposa di wilayah tubuh mana pun, tetapi justru lemak visceral, disimpan di daerah pinggang, yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Dijelaskannya, lemak visceral dikenal sebagai lemak yang tersembunyi di dalam tubuh. Lemak ini terletak di dekat hati, pankreas, ginjal dan usus akan bertindak sebagai semacam benda asing.

Itu ditafsirkan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai sesuatu yang seharusnya tidak ada di sana. Ini juga penyebab paling umum dari diabetes tipe 2, perubahan lemak darah dan hipertensi.

"Semua patologi ini dulunya disebut sindrom metabolik, yang bertanggung jawab untuk menurunkan kuantitas dan kualitas hidup," kata Rimbawan.

Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition Dr. Rimbawan memberikan tips mencegah obesitas. Salah satunya mengelola stres dengan baik dan tidur teratur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News