Jumat, 17 Agustus 2018 – 16:46 WIB

Bisakah Menebus Waktu Tidur yang Hilang di Akhir Pekan?

Jumat, 03 Agustus 2018 – 22:25 WIB
Bisakah Menebus Waktu Tidur yang Hilang di Akhir Pekan? - JPNN.COM

jpnn.com - Jika Anda tidak bisa tidur sebanyak yang Anda butuhkan selama seminggu, Anda mungkin bisa menebusnya di akhir pekan.

Tidak cukup tidur bisa menggangu kesehatan Anda dan banyak penelitian bahkan mengaitkan kurangnya Z's dengan kemungkinan kematian yang lebih tinggi selama periode waktu tertentu.

Tetapi sebuah studi baru dari Swedia menunjukkan bahwa jika Anda tidak bisa tidur sebanyak yang Anda butuhkan selama seminggu, Anda mungkin bisa menebusnya di akhir pekan.

Para peneliti menemukan orang yang sudah 65 tahun ke bawah yang tidur 5 jam atau kurang semalam, memiliki 65 persen risiko kematian lebih tinggi selama periode studi 13 tahun dibandingkan mereka yang mendapat 6 atau 7 jam tidur semalam.

Tetapi orang-orang yang menyeimbangkan waktu tidur pendek mereka dengan tidur akhir pekan yang lebih lama tampaknya tidak memiliki peningkatan risiko kematian.

Temuan ini menunjukkan, dengan kata lain, bahwa Anda mungkin bisa menebus efek merusak dari tidur yang hilang.

" Kami tidak bisa benar-benar mengatakan 100 persen bahwa kami telah membuktikan ini, tetapi itu adalah asumsi yang masuk akal bahwa ini adalah apa yang terjadi," kata pemimpin penulis studi, Torbjörn Åkerstedt, seorang profesor pengobatan perilaku di Universitas Stockholm di Swedia, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (2/8).

Studi ini diterbitkan di Journal of Sleep Research.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar