Bisakah Wanita Penderita Kanker Serviks Hamil?

Bisakah Wanita Penderita Kanker Serviks Hamil?
Deteksi dini kanker serviks

jpnn.com - Hampir semua wanita pasti ingin memiliki keturunan. Namun, tidak semua wanita bisa segera hamil usai menikah. Lalu, bagaimana dengan wanita penderita kanker serviks?

Pada umumnya, kemungkinan wanita penderita kanker serviks untuk memiliki anak sangatlah kecil, meski telah melakukan terapi. Hal ini karena kanker dapat memengaruhi kesuburan pasien, khususnya kanker serviks.

Terapi untuk menangani kanker serviks

Penyakit yang menyerang wanita ini menawarkan berbagai jenis terapi. Biasanya terapi yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi penderita kanker serviks. Berikut ini adalah pemaparannya:

Operasi untuk pasien kanker serviks stadium awal

Apabila Anda menderita kanker serviks tetapi masih berada pada stadium awal, masih mungkin untuk dilakukan operasi pembuangan sel kanker tanpa harus mengangkat organ reproduksi. Anda pun masih dapat hamil di kemudian hari.

Contoh tindakannya adalah cone biopsy (pengangkatan mulut rahim), sehingga tidak rahim dan indung telur masih dapat berfungsi dengan baik. Tetapi tindakan ini juga dapat memengaruhi kesuburan Anda, karena pembuangan jaringan serviks lewat operasi dapat meningkatkan resiko keguguran di trimester dua dan tiga awal.

Kemoterapi

Apapun masalah dan kondisi sistem reproduksi Anda, bila penanganan kanker serviks memengaruhi kesuburan Anda, tetap jagalah kesehatan emosi Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News