BKN Usul Formasi CPNS untuk Lulusan Cumlaude Ditambah Lagi

BKN Usul Formasi CPNS untuk Lulusan Cumlaude Ditambah Lagi
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengusulkan penambahan jatah kursi CPNS dari para lulusan terbaik (cumlaude) perguruan tinggi yang telah‎ mendapatkan akreditasi A. Dengan demikian birokrasi di Indonesia akan lebih cepat berjalan.

"Kami berharap formasi lulusan terbaik bisa diberikan 2.000 formasi. Ini untuk memperkuat birokrasi," ujar Bima Haria, Rabu (3/8).

‎Lulusan-lulusan terbaik ini, lanjutnya, perlu direspon oleh pemerintah. Jika tidak, sangat mungkin anak-anak Indonesia berprestasi akan diambil negara lain, sehingga bangsa ini kehilangan SDM potensial.

‎Bima Haria menambahkan, usulan kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan penerimaan jalur khusus yang sebelumnya hanya 200 orang. 

Dia pun menyatakan siap menampung lulusan cumlaude lantaran prospek mutu pekerjaan yang akan dihasilkan para lulusan terbaik universitas.

"Jika formasi CPNS dari lulusan terbaik universitas ini disetujui pemerintah, BKN siap menampung mereka apabila instansi lain menolak," sergahnya. 

Bima Haria berencana‎ akan mendiskusikan hal tersebut dengan MenPAN-RB Asman Abnur. (esy/jpnn)

JAKARTA--Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengusulkan penambahan jatah kursi CPNS dari para lulusan terbaik (cumlaude) perguruan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News