JPNN.com

BKP Akan Memperkuat Keamanan Pangan Indonesia Lewat OKKP

Rabu, 08 November 2017 – 22:17 WIB BKP Akan Memperkuat Keamanan Pangan Indonesia Lewat OKKP - JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya akan memperkuat keamanan pangan Indonesia melalui Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP).

Karena itu, Agung menilai perlu pemantapan terhadap OKKP sehingga bisa menjamin mutu dan keamanan pangan Tanah Air.

"Kami harus mempersiapkan mutu dan keamanan pangan ini mulai dari regulasinya sampai instrumen pengawasan,” kata Agung di Bandung, Rabu (8/11).

Agung menambahkan, ada tiga fungsi yang harus dimantapkan oleh OKKP. Pertama terkait ketersedian pangan, kedua keterjangkauan pangan, dan ketiga aspek mutu serta keamanan pangan.

"Nah OKKP dan OKKP Daerah adalah instrumen yang sudah ada di Indonesia, ada di pusat dan daerah," kata Agung.

Dalam merealisasikan hal tersebut, Agung menilai ada dua hal prioritas yang harus dibenahi OKKP. Yaitu meningkatkan serta menambah jumlah sumber daya manusia dan menggandakan ruang lingkup yang ditangani.

"Kalau dulu kami lebih fokus pada ketahanan pangan, sekarang kami juga dituntut pada mutu juga. Oleh karena itu kami siapkan regulasi melalui peraturan pemerintah dan permen agar memberikan ruang lingkup yang jelas luas terhadap pengawasan dan mutu," tandas dia.(tan/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...