Black Box Gosong Tak Rusak Memori CVR

Black Box Gosong Tak Rusak Memori CVR
Black Box Gosong Tak Rusak Memori CVR
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menerima black box dalam kondisi gosong berisi cockpit voice recorder (CVR) milik Sukhoi Superjet 100. Meskipun gosong, KNKT memastikan memori elektronik CVR tidak akan rusak.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Tim Laboratorium KNKT, Budi Nugroho dalam jumpa pers di kantor KNKT Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (16/5). Menurut Budi, perangkat memori dalam black box akan dilepaskan dari black box dan kemudian data suaranya diunduh.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Tim SAR dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD yang diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100,  akhirnya berhasil menemukan black box pesawat naas buatan Rusia itu. Instrumen di pesawat yang berfungsimerekam pembicaraan pilot itu ditemukan Selasa (15/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Penemunya adalah anggota Kopassus bernama M Taufik. Anggota pasukan elit TNI AD berpangkat Letnan Satu itu menemukan black box yang berada sekitar 100 meter dari puing-puing ekor pesawat.

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menerima black box dalam kondisi gosong berisi cockpit voice recorder (CVR) milik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News