Blanko e-KTP Langka, Warga Kena Imbasnya

Blanko e-KTP Langka, Warga Kena Imbasnya
Proses perekaman data kependudukan untuk menerbitkan e-KTP. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - PEMALANG - Kelangkaan blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) juga terjadi di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Akibatnya, warga pun kerepotan mengurusnya.

Salah wilayah di Pemalang yang mengalami kelangkaan blanko e-KTP adalah Kecamatan Randudongkal. Imbasnya, banyak warga belum punya e-KTP.

Warga Desa Lodaya di Randudongkal, Siti Muhayatun mengatakan, pembuatan e-KTP sekarang sulit dan tidak bisa cepat jadi.  Meski sudah melakukan perekaman data kependudukan, namun Siti tidak tahu pasti kapan e-KTP miliknya bakal jadi.

“Saya tidak tahu kapan KTP-el nya jadi, meskipun sudah perekaman data untuk pembuatan KTP-el,” katanya seperti diberitakan Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Dia merasa kesulitan jika sampai tidak punya e-KTP. Sebab, saat ini semua urusan membutuhkan e-KTP.

Karenanya, kini Siti hanya memegang surat keterangan atau KTP sementara. Sedangkan KTP lama miliknya sudah berakhir masa berlakunya dan harus diganti dengan e-KTP.

Hal senada juga disampaikan Siti Roisah yang juga warga Randudongkal. Menurutnya, alasan petugas belum bisa mencetak e-KTP karena kehabisan blanko.

Dia pun berharap agar e-KTP miliknya bisa segera dicetak. Sebab, dia membutuhkannya untuk mengurus bermacam keperluan.

PEMALANG - Kelangkaan blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) juga terjadi di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Akibatnya, warga pun kerepotan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News