Blok Terbesar

Oleh Dahlan Iskan

Blok Terbesar
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - INI bisa dibilang telak. Pun ketika Presiden Donald Trump belum mau mengakui kekalahannya di Pilpres Amerika. Ia sudah kalah telak di Asia.

Dua hari lalu kita berhasil membentuk blok besar ekonomi. Anggotanya 15 negara. Blok ini mengejutkan karena meliputi 1/3 penduduk dunia. Juga 1/3 GDP jagat raya.

Saya menyebut 'kita' karena Indonesia ada di dalamnya. Semua negara ASEAN, 10 negara, tanda tangan. Secara online. Ditambah Tiongkok, Jepang, Korsel, Australia, dan Selandia Baru.

Baca Juga:

Maka, blok ekonomi kita itu lebih besar dari blok ekonomi Eropa –apalagi setelah ditinggal Inggris. Juga lebih besar dari blok Amerika-Kanada-Meksiko. Yang disebut NAFTA itu.

Dunia pun tiba-tiba menoleh ke Asia Timur-Asia Tenggara-Australia ini. Seperti langsung melupakan heboh politik di Amerika.

India sebenarnya ikut dalam pembicaraan sejak awal. Sejak tahun 2012.

Baca Juga:

Namun tahun lalu India mundur dari blok ini. Kalau saja India-Pakistan-Bangladesh ikut serta, kekuatannya lebih dahsyat lagi.

India mengatakan, industri dalam negerinya belum siap bersaing. India tergabung dalam asosiasi negara-negara Asia Selatan bersama Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Nepal, dan Bhutan.

Salah satu vitamin sehat itu adalah ekspor. Ini mudah diucapkan, tetapi melaksanakannya lebih sulit dari memperistri Nikita Mirzani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News