BMKG Getol Gelar SLI demi Tingkatkan Produksi Pangan

BMKG Getol Gelar SLI demi Tingkatkan Produksi Pangan
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kedua dari kanan) saat pembukaan sosialisasi Agroklimat dengan mengadakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (4/5). Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, MAGELANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengadakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) guna meningkatkan literasi iklim dan desiminasi informasi iklim untuk pertanian.

Hal itu sesuai Intruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengamanan Produksi Beras Nasional Dalam Menghadapi Kondisi Iklim Ekstrim.

Selain itu, SLI digelar untuk mendukung program Nawacita, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, SLI  merupakan suatu kegiatan interaktif menggunakan metode belajar sambil praktik (learning by doing).

Dengan kegiatan itu, BMKG berkomitmen terus menyosialisasikan pentingnya informasi iklim dalam mendukung kegiatan pertanian di Indonesia.

“Kegiatan SLI merupakan cara BMKG sebagai penyedia informasi dan petani sebagai end user berinteraksi melalui penyuluh petani lapangan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengantisipasi iklim ekstrem untuk mendukung ketahanan pangan," ujar Dwi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (4/5).

Dalam kesempatan itu juga digelar focus group discussion (FGD) mengenai pelaksanaan SLI BMKG yang sudah dilakukan sejak 2011.

Acara itu diikuti alumni dari SLI III Temanggung 2016, SLI III Temanggung 2017, dan SLI III Magelang 2018.

Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengadakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) guna meningkatkan literasi iklim dan desiminasi informasi iklim untuk pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News