BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

Jumat, 30 April 2021 – 10:42 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia - JPNN.com
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia, pada Jumat (30/4). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, pada Jumat (30/4).

Berdasarkan data BMKG.go.id daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatera Barat sampai Aceh.

Kemudian dari Sumatera Selatan sampai pesisir barat Sumatera Barat.

"Di pesisir selatan Jawa Tengah sampai Jawa Barat, di NTT, dari Kalimantan Utara, Kalimantan Barat sampai Selat Karimata," tulis BMKG.

Selain itu, dari Laut Banda, Selat Makassar sampai Kalimantan Tengah bagian selatan, di Maluku, di Laut Arafuru, di Papua Barat dan di Papua.

"Sementara itu, daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Selat Karimata, Kepulauan Riau, Pesisir Timur Riau, Selat Malaka, Sulawesi Utara dan Gorontalo," katanya.

Kondisi ini, menurut BMKG mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

"Mulai dari Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung," tulis BMKG.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...