BMKG Minta Masyarakat Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi 6 Meter

BMKG Minta Masyarakat Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi 6 Meter
Peringatan keras BMKG soal gelombang tinggi. Foto: ANTARA/Rahmad

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas III Ranai Natuna merilis peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi hingga enam meter.

Peringatan serius BMKG itu menyebut potensi tersebut bisa selama dua hari, dimulai tanggal 22 hingga 23 Desember 2022.

Berdasarkan surat peringatan yang dikeluarkan, tinggi gelombang mencapai 4 hingga 6 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, Provinsi Kepulauan Riau.

BMKG meminta warga setempat dan para pelaut untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, terutama mewaspadai kecepatan angin.

BMKG juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

BMKG juga memberikan peringatan terjadinya gelombang tinggi 2,5

hingga 4 meter berpeluang terjadi di laut dan perairan utara Kepulauan Anambas, perairan selatan Kepulauan Natuna, perairan selatan Kepulauan Anambas, perairan Kepulauan Subi - Serasan, perairan barat Kepulauan Natuna - Laut Natuna, perairan utara Kepulauan Natuna - Perairan dan Kepulauan Karimata.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan

BMKG Stasiun Meteorologi kelas III Ranai Natuna merilis peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi hingga 6 meter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News