BMKG Sebut Seluruh Wilayah Ini Waspada Bencana 7 Hari ke Depan

BMKG Sebut Seluruh Wilayah Ini Waspada Bencana 7 Hari ke Depan
BMKG Palu menyebut seluruh wilayah Sulawesi Tengah berstatus waspada bencana. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PALU - Badan Meteorologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Palu menyatakan hampir seluruh wilayah di Sulawesi Tengah berstatus waspada.

Kepala BMKG Meteorologi Palu Nur Alim mengatakan beberapa wilayah lain berstatus siaga, seperti dua Kecamatan di Kabupaten sigi, yakni Dolo Selatan dan Kulawi, serta Kabupaten Toli Toli, Poso dan Kabupaten Tojo Una Una.

"Perlu kita waspada adalah Kulawi dan Dolo Selatan kita perlu hati hati. Minimal informasi yang saya sudah sampaikan ke stakeholder penanganan bencana sudah siap siaga," tutur Nur Alim, Jumat (3/9).

Menurut dia, status waspada bencana terjadi lantaran wilayah Sulteng masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam tujuh hari ke depan.

"Untuk Sulteng dipengaruhi oleh belokan angin dari Tenggara. Angin yang melalui laut banda, membawa masa uap air sehingga pertumbuhan awan hujan di Sulteng tinggi," kata 

Selain itu, BMKG juga telah memetakan sejumlah wilayah di Sulteng yang berpotensi dan rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor akibat dampak dari cuaca tersebut.

"Curah hujan dari sedang hingga lebat, tergantung dari topografi wilayah yang ada di Sulteng," tambahnya

Nur Alim menambahkan informasi yang diberikan bukan untuk membuat takut atau panik masyarakat.

BMKG Palu menyebut seluruh wilayah Sulawesi Tengah berstatus waspada bencana. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News