BMKG Targetkan Waktu 3 Menit Sampaikan Peringatan Tsunami

BMKG Targetkan Waktu 3 Menit Sampaikan Peringatan Tsunami
BMKG Targetkan Waktu 3 Menit Sampaikan Peringatan Tsunami

jpnn.com - BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus meningkatkan kemampuannya untuk memberikan peringatan dini bencana tsunami untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Badan tersebut menargetkan pada lima tahun mendatang pihaknya bisa memberikan peringatan adanya tsunami hanya dalam waktu tiga menit.

"Sejak tsunami 2004 kami bisa meningkatkan proses penyampaian peringatan tsunami menjadi lima menit. Kini kami menargetkan dalam lima tahun ke depan menjadi tiga menit," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BMKG 2014 di Jakarta (2/4).

Dia menjelaskan saat gempa bumi dan tsunami 2004 yang melanda Aceh waktu sampainya informasi tsunami sekitar 20 menit. Tapi itu adalah masa-masa emas untuk menyelamatkan diri. "Karena wilayah pantai kita sangat luas maka perlu informasi segera tentang tinggi gelombang tsunami dan sampai sejauh mana capaian gelombangnya," tambah dia.

"Semakin cepat informasi disebarluaskan, semakin besar kemungkinan evakuasi berhasil dilakukan," katanya.

Menurut Andi, teknologi peringatan dini yang sangat cepat ada di Jepang. Ya, saat Negeri Sakura itu sudah dapat memberikan informasi tsunami dalam waktu dua menit pascagempa bumi. Tapi, kata dia, Jepang butuh waktu 50 tahun untuk bisa jadi mencapai waktu dua menit. (ant/rr/mas)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus meningkatkan kemampuannya untuk memberikan peringatan dini bencana tsunami untuk meminimalisir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News