Senin, 23 Oktober 2017 – 14:45 WIB

BNN Gelar Tes Urine Para Pengemudi Transportasi Massal, 8 Positif Narkoba

Selasa, 20 Juni 2017 – 23:58 WIB
BNN Gelar Tes Urine Para Pengemudi Transportasi Massal, 8 Positif Narkoba - JPNN.COM

Tes urine. Foto: dok. JPG

jpnn.com, BATAM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri menggelar operasi bersinar pada Selasa (20/6) di lima tempat pusat mudik di Kepri. Dari lima tempat ini, petugas memastikan delapan orang positif narkoba. Empat di Batam dan Empat di Karimun.

"Positif itu di Pelabuhan Domestik Sekupang empat prang dan empat di Pelabuhan di Karimun. Tiga tempat lainnya yakni Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Bandara Raja Haji Fisabilillah, Pelabuhan Sri Bintan Pura, negatif semua," kata Kepala BNNP Kepri, Nixon Manurung, Selasa (20/6).

Operasi Bersinar ini, untuk menjaga para pengemudi transportasi massal bebas dari pengaruh zat-zat narkotika. Sehingga bisa membawa penumpang dengan selamat hingga tujuan. "Ada 400 sampel yang kami ambil, baik itu kapten kapal, abknya, Pilot, Co pilot dan krunya juga," tutur Nixon.

Di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Nixon mengatakan pihaknya memeriksa sebanyak 17 pesawat. Dimana satu pesawat tersebut terdiri dari 1 pilot, 1 co pilot dan empat orang kru. "Kami ambil 100 sampel di Hang Nadim, 100 di Sekupang, 100 di Bandara RHF dan Pelabuhan Sri Bintan Pura. Lalu 100 sampel lagi di Pelabuhan Karimun," ujarnya.

Kabid Brantas BNNP Kepri, Bubung Pramidadi menambahkan bila ada pilot, kapten kapal atau krunya positif menggunakan narkotika. Maka penerbangan atau pelayaran tersebut akan dihentikan.

"Kami periksa dulu, lalu di assesment untuk menentukan dia termasuk pecandu berat atau ringan. Bila berat, maka akan direhabilitasi. Tapi kalau ringan, rawat jalan aja," ujarnya.

Mengenai tiga orang yang terbukti postif menggunakan narkotika tersebut. Bubung mengatakan dua orang di Sekupang telah dibawa ke BNNP Kepri. "Yang di Karimun ditangani di sana aja," ucapnya.

Genaral Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso mendukung penuh program ini. Tes urine ini memastikan pilot-pilot yang membawa pesawat bebas dari narkoba. Ia mengatakan bahwa pihak maskapai sangat terbuka, terkait dengan tes urine tersebut.

SHARES
TAGS   narkoba Batam
loading...
loading...
Komentar