BNN Sita 247 Kg Narkotika dari 5 Kasus di Sumatera, Ada Varian Baru

BNN Sita 247 Kg Narkotika dari 5 Kasus di Sumatera, Ada Varian Baru
Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose menunjukkan barang bukti narkotika dari lima kasus yang berhasil diungkap di BNN RI, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (18/7). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menyita 247 kg narkoba yang diselundupkan ke Indonesia via jalur laut dan menemukan varian baru, yakni Yaba.

Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan narkoba jenis Yaba dikenal di Thailand dan berbentuk tablet seperti ekstasi.

"Jadi, Yaba ini kalau di kita (Indonesia, red) lebih kenal ekstasi. Kalau Yaba ini lebih dikenal di Thailand," kata Petrus di kantor BNN RI, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (18/8).

Dia menjelaskan Yaba diproduksi di daerah-daerah di Myanmar.

"Rata-rata produksinya ini berasal dari state-state yang melawan pemerintah di Myanmar," katanya. 

Jenderal bintang tiga itu menyebutkan Yaba merupakan satu dari sejumlah jenis narkoba yang disita pihaknya dari pengungkapan lima kasus dengan total 17 tersangka.

"BNN RI mengungkap lima kasus peredaran gelap narkotika yang dilakukan oleh 17 orang tersangka dengan jumlah barang bukti narkotika yang disita sebanyak 274,05 kilogram atau 274.058,87 gram," jelas Petrus.

Selain Yaba, BNN jug menyita sabu-sabu, ekstasi, dan ganja dari kasus yang diungkap di wilayah Sumatera.

BNN RI menyita 247 kg narkoba yang diselundupkan ke Indonesia via jalur laut dan menemukan narkotika varian baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News